Seting windows 10 Agar Ringan

Ini digunakan untuk pribadi (penulis) dan tidak dianjurkan untuk orang lain. atas dasar ingin membuat aktifitas dalam menggunakan windows 10 semakin ringan karena mendisable beberapa fitur yang aktif namun tidak saya perlukan. namun jika ada yang menghendaki seperti saya mangga di ikuti. dijamin aman..

1. Download Script lalu extrack

2. setelah folder script diextrack pindahkan di disk C untuk mempermudah ekskusi.

3.Buka windows powershell atau ketik dipencarian lalu klik sbg administrator
 


4. ketikan Cd C:\ lalu enter


5. ketik perintah Set-ExecutionPolicy Unrestricted -Scope CurrentUser  lalu Enter


6. ketik Y lalu enter.
7. ketik   ls -Recurse *.ps*1 | Unblock-File   lalu enter
    Ini adalah perintah agar script yang diunduh tadi mendapat akses.


Tunggu Hingga proses slesai, sedikit membutuhkan waktu lebih lama dalam proses ini


8.setelah proses seperti digambar atas ketik perintah CD scripts lalu enter
maka akan seperti gambar dibawah


Penting untuk diperhatikan. ini adalah akskusi inti dari proses yang kita inginkan.
 scripts adalah nama folder yang kita simpan di disk C. ada beberapa file script didalamnya dan kita bs memilih fitur apa yang ingin kita disable. sambil ekskusi saya akan jelaskan fungsi dari setiap script. gambar dibawah adalah isi dari folder script.




9. untuk menjalankan script yang ada difolder tersebut kita harus mengetikan perintah  .\nama script 

liat gambar. saya akan mem block telemetri, ini bertujuan mendisable fitur yang tidak diperlukan untuk saya namun memakan memory dan data sehingga membuat akses net terkadang jd berat. walau saya disable ini tidak akan mengganggu windows update.

saya ketik .\.\block-telemetry.ps1 (bisa hanya mengetik nama awal lalu tekan tombol TAB) STLH ITU eNTER




1O. LAKUKAN SETERUSNYA SEPERTI CARA NO. 9 AWALI PERINTAH   .\nama-scripts
atau .\ ketik nama awal script lalu tekan TAB lalu enter.

cotoh lainya saya akan menonaktifkan fitur dg scripts disable-services  ini masih berkaitan dengan script tadi. namun tidak akan mengganguu windows update.



Ctataan: dr bebrapa script didalam folder saya tidak menyaran kan menjalankn script disable-windows-defender jika anda tidak menggunakan anti virus lain. setelah dilakukan ekskusi semua silahkan restart perangkat.



Post a Comment

0 Comments